Jumat, 14 Mei 2010

Kartini Yang Jago Catur Dari SMAda

Siapa sangka siswi cantik, berparas rambut terurai dan berkulit putih ini Dwi Rahayu adalah seorang atlit catur yang tidak bisa dianggap enteng kualitasnya. Dunia catur telah ia selami semenjak kelas III SMP. Berawal dari kebiasaannya mengantarkan adiknya yang juga seorang atlit catur tapi masih SMP latihan. Sedikit demi sedeikit gadis yang bercita-cita sebagai Pegawai Bank ini mengamati dan memperhatikan bagaimana permainan catur itu. Kemudian lahir minat untuk ikut serta latihan catur. Dri sinilah bakat yang selama bertahun-tahun terpendam mulai nampak bak mutiara yang terangkat dari lumpur hitam pekat yang menghalangi sinarnya dan kini mulai memancar, menyilaukan mata.

Keterampilannya memainkan organ-organ catur didukung oleh latihan yang ia lakukan setiap kali akan ada kompetisi di rumah atau di markas PERCASI(Persatuan Catur Seluruh Indonesia) bersama para atlit catur yang lain. Ada beberapa kelas saat pelatihan yaitu kelas A-G yang dikelompokkan berdasarkan usia. Dan cewek kelahiran Bojonegoro 4 Desember 1994 ini kini ada di kelas B, kelompok usia 17-18 tahun. Pada saat pelatihan para atlit yang tergabung dalam PERCASI juga diajarkan teori-teori tentang catur,"Dalam catur ada beberapa teori yang mengikat seorang atlit ketika memainkan catur. Ada ketentuan-ketentuan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan atau dilarang" jelasnya pada zz sing itu.

Pertama kali gadis yang akrab disapa Hayu ini bertanding pada kompetisi tahun 2009 yang berlangsung di SMP N 7 Bojonegoro, namun gagal. Kegagalan tersebut tidak membuatnya patah semangat, malahan terus berpacu pada latihan dan latihan yang akhirnya mengantarkannya menjadi juara II Catur Tingkat Kabupaten tahun lalu.

Disamping catur, prestasi yang mampu ia raih adalah jura II Kartini SMA N 2 Bojonegoro yang diadakan 21 April lalu. Lomba tersebut diikuti 27 pesrta dari berbagai kelas(X-XI). Tentunya dengan tujuan memperingati perjuangan Raden Ajeng Kartini 131 tahun silam. Yang telah mendidik dan mendirikan sekolah bagi kaum wanita agar memperoleh hak yang sama utamanya dalam bidang pengajaran yang sebelumnya hanya kaum prialah yang berhak untuk sekolah. Dengan memakai kebaya dan sanggul yang dipakaikan teman-teman sekelasnya, ditambah dengan 2 kuncup bunga aekorbia yang ia petik di taman sekolah membuatnay tampak berpenampilan khas dari pada peserta lain. Selain itu, kepercayaan dirinyalah yang membuat dia melejit menjadi Kartini terbaik nomor 2 di SMA N 2 Bojonegoro.(el).

BIODATA

Nama Lengkap: Dwi Rahayu
Tempat, Tanggal Lahir: Bojonegoro 4-Desember-1993
Alamat:DS. Kolong - Ngasem - Bojonegoro
Kelas:XI IS 1
Hobi: Catur, mendengarkan musik
Cita- cita: Pegawai Bank
Mafa: Ayam bakar
Mifa: Jus jeruk
Nama Ayah:Suparjono
Nama Ibu:Munasih
Pekerjaan Ayah: PNS Perhutani
Pekerjaan Ibu: Ibu Rumah Tangga
Motto:Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin
Prestasi: Juara 2 Catur Tingkat Kabupaten Bojonegoro
Juara 2 Kartini SMA N 2 Bojonegoro
Juara 3 Bupati Cup
Pendidikan: SD N Bubulan
SMP N 1 Ngasem
SMA N 2 Bojonegoro
Musik Favorit: Pop-Rock
Wafa:Hitam, Merah
Zodiak:Sagitarius

0 Comments:

Post a Comment