Rabu, 04 Maret 2009

Tugas zz 2:Ketika Hatiku Remuk

Membaca karya Adrea Hirata, membuat kagum dan bertanya " Bagaimana bisa menulis sebagus itu? Benar-benar hebat." Sejak saat itu, kucoba menulis sepertinya. Menggunaka kata-kata yang mampu menyentuh hati bagi pembaca tulisanku. Walaupun pembaca karyaku tidak kagum, aku sudah bahagia karena aku bisa menulis.Meskipun belepotan, tanpa arah, tidak sistematis aku tidak peduli, yang terpenting aku dapat menulis. Aku sisipkan kata-kata Andrea Hirata yang terdapat pada keempat The Best Sellernya: Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah karpov. Walaupun aku sendiri belum membaca Maryamah Karpov. Aku susun kata-kata dengan penuh kehati-hatian, kemudian aku baca. Apakah sudah menusuk perasaan ataukah belum. Jika sudah, aku akan tertawa sendirian membaca karyaku yang seperti Andrea Hirata. Meskipun sebenarnya beda banget.Jika belum, aku hapus tulisan tanganku dengan eraser, aku tulis kembali dan berusaha semaksimal mungkin agar lebih baik dan lebih indah dari tulisanku yang sebelumnya. Aku baca lagi... dan beeegitu seterusnya. Oleh karena itu, hanya untuk membuat satu macam sastra aku butuh waktu berhari-hari, bermalam-malam dan bersore-sore.
Jika suatu ketika tidak ada yang baca, tidak ada yang baca tulisanku yang telah aku tulis dengan susah payah itu, hatiku remuk, kecewa. Pada awalnya aku akan berkomitmen " aku tidak akan pernah buat karya dengan sebaik-baiknya." Akan aku buat awuran. Itu pada awalnya, pada keduanya aku berubah pikiran, aku buat lagi tulisanku dengan sebaik-baiknya. Meskipun aku tidak tahu apakah baik atau tidak. " Ah yang terpenting nulis" Bila tidak ada yang baca lagi, lambat laun aku akan bisa menerima bahwa aku ini bukan siapa-siapa. Hanya seorang anak kelas 1 SMA yang selalu berusaha sebaik-baiknya untuk menulis. Meskpun tidak ada yang mau baca, apalagi memberi saran. Aku akan tetap menulis, bukan karena ingin dipuji, bukan karena ingin dianggap paling baik. Aku akan menulis untuk diriku sendiri dan menulis bagi orang-orang yang mau membaca tulisanku.

2 Comments:

  1. Prawoto R. Sujadi said...
    Lihat elaine.. Car menulsi judulnya salah. Huruf Depan sellau Huruf besar. Terus jangan terlu panjang kalo bikin judul. Yang menarik, humanis. Bikin orang ingin tau.

    Sebelum aku lihat lagi yang lain. Aku lihat banyak tand abaca yang slah nulisnya. seperti tiik dll. kasih tadan spasi jika habis titik dan terang. Contoh: Yang paling di sukai adalah makakan sehat, makanan ringan" lihat tnda bacanya.

    Terus di lihat ulang tulisannya. Perbaiki dan silahkan di revis lagi. termsuk yang bab 2.
    Arip said...
    Aku nemu blog ini dari browsing aja. Gaya menulis seseorang bisa ditiru, tapi hasilnya belum tentu sama. Mungkin yang paling bagus kembangkan gayamu sendiri. Salam kenal & terus menulis.

Post a Comment